Timnas Indonesia Wajib Waspada, Malaysia Pasang Target Tinggi di Piala AFF 2020



Pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe, menegaskan timnya memasang target tinggi di Piala AFF 2020. Target ini dibebani karena harapan dan desakan yang besar dari para suporter Harimau Malaya.

Piala AFF 2020 menjadi edisi ke-14 keikutsertaan Malaysia sepanjang sejarah. Timnas Malaysia tercatat baru memenangi gelar sekali dan tiga kali masuk final termasuk pada edisi terakhir pada 2018.

Pelatih Tan Chen Hoe menyadari adanya tekanan dan harapan besar terkait peluang Malaysia di Piala AFF 2020. Pelatih berusia 53 tahun juga berharap bisa mempersembahkan gelar Piala AFF 2020.

"Bukan hanya pelatih, para suporter juga mengharapkan timnas mencapai level tertinggi, Artinya lolos lagi ke final," kata Tan Cheng Hoe seperti dikutip Bernama.

"Kami juga ingin memenangkan sesuatu untuk tahun 2021 ini," tegas Tan Cheng Hoe.

Malaysia akan tergabung di Grup B Piala AFF 2020. Malaysia bakal bersaing dengan Vietnam, Timnas Indonesia, Kamboja, dan Laos.

Dihantui 2 Hal

Pemain Timnas Malaysia saat latihan jelang laga kualifikasi Piala Dunia di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9). Malaysia akan berhadapan dengan Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Tan Cheng Hoe juga tak mengkhawatirkan ketatnya peta persaingan di Piala AFF 2020. Tan Cheng Hoe justru mengkhawatirkan dua hal dari para pemainnya jelang turnamen elite Asia Tenggara itu.

Kekhawatirkan Tan Cheng Hoe jelang Piala AFF 2020 mengacu pada kondisi para pemain Timnas Malaysia. Pelatih berusia 53 tahun itu khawatir anak asuhnya datang ke skuad Harimau Malaya dalam kondisi cedera atau kelelahan.

"Sebagai pelatih, saya tidak khawatir dengan kinerja tim. Akan tetapi, lebih mengkhawatirkan cedera dan kelelahan yang dirasakan para pemain," kata Tan Cheng Hoe.

"Jika melihat jadwal Piala AFF, kami tidak punya pilihan selain mengikutinya. Saya berharap, semua pemain yang kami bawa dalam keadaan sehat," ucap Tan Cheng Hoe.

Target Sama

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku akan terus melakukan evaluasi terhadap kinerja pemainnya meski berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Tajikistan pada laga uji coba. (dok. PSSI)
Serupa dengan Malaysia, Timnas Indonesia juga dibebani target tinggi di Piala AFF 2020. Target yang sebenarnya wajar mengingat Timnas Garuda belum pernah menjadi juara pada ajang dua tahunan tersebut.

Timnas Indonesia sudah lima kali membuat kesempatan menjadi juara karena selalu kalah di final. Pelatih Shin Tae-yong pun sadar akan beban yang akan ditanggungnya pada Piala AFF 2020.

Edisi kali ini jadi momentum buat Timnas Indonesia untuk mencetak sejarah dengan menjuarai Piala AFF. Menarik untuk melihat perjuangan para penggawa Garuda di ajang bergengsi Asia Tenggara itu.

Sumber : Bola.com