Dua Gol Irfan Jaya Bawa Timnas Indonesia Unggul 2-1 atas Malaysia, Vietnam Justru Tinggalkan Kamboja 2-0

Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk sementara waktu berhasil unggul 2-1 atas Malaysia di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020 pada Minggu (19/12/2021) malam WIB. Sementara di laga lain, Vietnam justru sudah meninggalkan Kamboja dengan skor 2-0. 

Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

Laga penentuan memang sedang dilakoni skuad Garuda di National Stadium, Singapura agar bisa melaju ke semifinal Piala AFF 2020. Sayangnya Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu di menit 13 lewat gol dari Kogileswaran Raj. 

Untungnya Irfan Jaya hadir sebagai penyelamat karena mampu menyamakan kedudukan lewat golnya di menit 36. 

Tak hanya itu saja, Irfan justru mampu membalikkan keadaan lewat gol keduanya pada menit ke-43, Dengan begitu hingga babak pertama berakhir, kondisinya saat ini Timnas Indonesia berada di urutan pertama, sementara Vietnam di peringkat kedua di Grup B Piala AFF 2020. 




Babak Pertama 
Pada babak pertama, Timnas Indonesia langsung berinisiatif bermain menyerang. 

Terbukti, Pratama Arhan yang melakukan penetrasi berhasil melepaskan tembakan keras kearah gawang Khairul Fahim, sayangnya bola masih menyamping tipis. 

Tak hanya itu, pada lima menit pertama serangan yang dibangun Skuad Garuda sukses menghasilkan dua tendangan sudut. 

Namun sayang, upaya anak asuh Shin Tae-yong belum bisa membuahkan gol hingga 10 menit jalannya pertandingan. Di sisi lain, Harimau Malaya -julukan Timnas Malaysia- berusaha keluar dari tekanan dengan sesekali melakukan serangan balik. 

Beruntung, serangan Timnas Malaysia selalu terputus berkat solidnya pertahanan Skuad Garuda. Namun begitu, petaka terjadi untuk Timnas Indonesia pada menit ke-13 setelah sapuan Rachmat Irianto kurang sempurna. 

Bola pun akhirnya mendarat di kaki Kogileswaran RAJ (13’) yang langsung menyambutnya dengan sepakan keras ke pojok kiri gawang Nadeo Arga Winata, Malaysia unggul 1-0.

Memasuki menit ke-25, Timnas Indonesia terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Berkali-kali anak asuh Shin Tae-yong menebar ancaman di depan gawang Khairul Fahmi, namun belum ada gol yang tercipta untuk Timnas Indonesia hingga menit ke-30. Pada menit ke-36, Skuad Garuda akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat kaki Irfan Jaya (36’). 

Irfan berhasil memanfaatkan umpan manis Witan Sulaiman dari sisi kanan, kedudukan sementara 1-1.

Tak berhenti sampai disitu, dua menit sebelum turun minum, Irfan Jaya (43’) kembali menunjukkan tajinya. 

Tendangan Pratama Arhan berhasil dihalau bek Timnas Malaysia. Namun, Irfan berhasil memanfaatkan bola liar di depan gawang, Timnas Indonesia unggul 2-1. 

Pada akhirnya, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga akhir babak pertama. Timnas Indonesia berhasil tampil digdaya dengan unggul 2-1 atas Malaysia. 

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Malaysia: 
Timnas Indonesia (4-4-2): Nadeo Arga Winata, Ezra Walian, Witan Sulaiman, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Fachruddin, Ramai Rumakiek, Irfan Jaya, Alfeandra Dewangga. 
Pelatih: Shin Tae-yong 
Timnas Malaysia (4-3-3): Khairul Fahmi, Dion Cools, Muhammad Syahmi, Putera Nadher, Baddrol Bin Bachtiar, Safawi Rasid, Aiman Hanapi, Kogileswaran RAJ, Rizak Ghazali, Syafiq Ahmad, Faisal Halim. 
Pelatih: Tan Cheng Hoe

Sumber : Okezone.com