Shin Tae-yong Ungkap Penyebab Kegagalan Timnas Indonesia Libas Singapura

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, dan Pratama Arhan, merayakan gol yang dicetak Witan ke gawang Singapura dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (22/12/2021). (Dok. PSSI)


Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkap biang kerok kegagalan timnya mengalahkan Singapura dalam leg pertama babak semifinal Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia hanya mampu bermain 1-1 melawan Singapura pada Rabu (22/12/2021) malam WIB di National Stadium, Kallang.


Tim berjuluk Skuad Garuda itu unggul lebih dulu melalui Witan Sulaeman pada menit ke-28. Umpan cutback dari Asnawi Mangkualam mampu disontek oleh winger berusia 20 tahun itu untuk menjebol gawang Singapura.

Namun, keunggulan Timnas Indonesia sirna di babak kedua. Singapura berhasil menyamakan kedudukan lewat Ikhsan Fandi pada menit ke-70.

Umpan terobosan dari Faris Ramli mampu diterima dengan baik oleh Ikhsan Fandi sebelum menaklukkan kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata.

Kelelahan


Bek sayap Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, melakukan penetrasi ke area pertahanan Singapura dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (22/12/2021). (Dok. PSSI)

Shin Tae-yong menjelaskan bahwa para pemainnya kelelahan. Bagaimana tidak, Skuad Garuda harus bermain lima kali dalam 13 hari. Artinya, Ricky Kambuaya dkk. bertanding sekitar dua setengah hari sekali.

"Saya tidak puas dengan hasil malam ini. Saya sudah menduga bahwa para pemain akan kelelahan dan ini saatnya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca-laga.

"Memang lebih baik kelelahan itu datangnya sekarang. Jadi, kami bisa melakukan persiapan untuk leg kedua melawan Singapura," jelas arsitek asal Korea Selatan itu.

Timnas Indonesia bakal kembali menghadapi Singapura dalam pertemuan kedua semifinal Piala AFF. Pertandingan hidup mati buat kedua negara itu akan dimainkan pada 25 Desember 2021 di National Stadium.


Jadwal Leg Kedua Timnas Indonesia Vs Singapura


Winger Timnas Indonesia, Irfan Jaya, berusaha mengontrol bola diamati oleh pemain bertahan Singapura, Irfan Fandi, dalam laga leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (22/12/2021). Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Singapura. (Dok. PSSI)

Leg Kedua Babak Semifinal Piala AFF 2020

  • Timnas Indonesia Vs Singapura
  • Sabtu, 25 Desember 2021
  • National Stadium
  • Kick-off 19.30 WIB
  • Live Streaming Vidio