Skenario Elkan Baggott dan Egy Maulan Vikri Bisa Main Lawan Malaysia, Tak Sekadar Rampungkan Karantina



Timnas Indonesia langsung beralih fokus melawan Malaysia setelah mengimbangi Vietnam, Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri berpeluang tampil.

Usai imbang lawan Vietnam 0-0, Timnas Indonesia langsung beralih fokus menghadapi Malaysia pada laga terakhir grup B Piala AFF 2020, Minggu (19/12/2021) mendatang.

Berkat hasil imbang, Gardua masih memimpin klasemen grup B dengan poin 7.

Meski begitu, laga terakhir grup B justru sangat menentukan untuk mengetahui 2 wakil yang lolos ke semifinal.

Pasukan Shin Tae-yong berada di atas angin, karena hanya butuh imbang lawan Malaysia pada laga terakhir.


Kemenangan atas Malaysia juga akan membuat timnas Indonesia jadi juara grup B.

Vietnam juga punya kans serupa, hanya butuh imbang lawan Kamboja untuk lolos.

Di sisi lain, Malaysia harus menang atas Indonesia jika ingin lolos ke semifinal.

Melawan timnas Malaysia, Indonesia punya peluang bakal diperkuat Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri.

Elkan Baggott akan merampungkan karantina pada 18 Desember 2021, atau sehari sebelum laga melawan Malaysia.

Sebagai informasi, Elkan Baggott harus melakoni karantina usai dirinya berada satu pesawat dengan salah satu pasien COVID-19 varian Omicron, saat penerbangan dari Inggris ke Singapura pada 8 Desember 2021 lalu.

Elkan harus melakukan karantina 5 hari sesuai dengan peraturan pemerintah Singapura sejak 13 Desember 2021.


Elkan Baggott nampak ikut serta dalam pemusatan latihan timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 10 November 2021.Elkan Baggott nampak ikut serta dalam pemusatan latihan timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 10 November 2021. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

Kejadian itu membuat Elkan mesti absen membela timnas Indonesia dalam laga melawan Vietnam, Rabu (15/12/2021).

"Memang ketika Elkan tiba dan menjalani tes PCR hasilnya negatif, tetapi ada satu penumpang di pesawat tersebut yang setelah dilakukan pemeriksaan positif Covid-19 dari varian Omicron karena itu pusat nasional pengendalian penyakit menular Kementerian Kesehatan memberikan perintah karantina kepada seluruh penumpang pesawat Emirates pada tanggal 8 Desember dan salah satunya harus dialami oleh Elkan," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo.

Suryo menjelaskan Elkan akan rampung karantina pada 18 Desember 2021, namun begitu sang pemain juga mesti terbebas dari COVID-19 untuk bisa bermain melawan Malaysia.

"Semoga pada tanggal 18 Desember yang akan datang hasil tes PCR Elkan juga tetap negatif," kata Suryo.

"Tetapi sekali lagi pihak pusat pengendalian penyakit menular Kementerian Kesehatan Singapura mempunyai aturan bahwa mereka yang melakukan kontak erat, artinya dalam satu ruangan lebih dari 15 menit itu orang yang berpotensi untuk bisa tertular, apalagi ini untuk varian Omicron."

"Semoga sekali lagi Elkan bisa bebas pada tanggal 18 Desember sehingga bisa memperkuat timnas kita saat menghadapi Malaysia pada 19 Desember yang akan datang," tambahnya.

Sementara itu, Egy Maulana Vikri juga sedang diupayakan hadir untuk bisa membela timnas Indonesia Vs Malaysia.


Winger timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri sukses mencetak gol perdananya untuk FK Senica, dalam lanjutan pekan ke-16 Liga Slowakia, Jumat (26/11/2021).Winger timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri sukses mencetak gol perdananya untuk FK Senica, dalam lanjutan pekan ke-16 Liga Slowakia, Jumat (26/11/2021). (ELEVENSPORTS.COM)

Hingga saat ini, FK Senica dikabarkan akan melepas Egy ke Piala AFF 2020 setelah laga terakhir mereka di putaran pertama Liga Slowakia, 18 Desember 2021.

FK Senica akan melawan AS Trencin Sabtu (18/12/2021), dan setelah itu Egy Maulana Vikri diijinkan gabung timnas Indonesia.

"Kami terus mengusahakan untuk Egy (Maulana Vikri)," kata ketua PSSI, Mochamad Iriawan pada Kamis (16/12/2021).

"Satu dua hari ini kami terus berkomunikasi."

"Meminta agar Egy bisa hadir lawan Malaysia nanti," tambahnya.

Berkaca dari kedatangan Elkan Baggott, Egy Maulana Vikri bisa langsung bergabung tanpa karantina, bila hasil swab negatif saat tiba di Singapura.

Elkan Baggott sempat bermain melawan Laos selama 45 menit, sebelum akhirnya mendapat surat dari pemerintah Singapura soal temuan kasus COVID-19 varian Omicron di pesawat yang sama dengan bek Ipswich Town itu.


Mari berdoa agar Egy Maulana Vikri terbang dengan selamat menuju Singapura dan tidak mengalami kasus seperti Elkan Baggott.

Elkan Baggott dan Egy Maulana Vikri tetap punya peluang untuk tampil melawan Malaysia.

Bolasport.com