2 Pemain Timnas Indonesia Diklaim Bisa Tingkatkan Kualitas Liga Malaysia

Ramai Rumakiek saat membela Timnas Indonesia (Foto: PSSI)


Penampilan impresif Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 membuat Skuad Garuda mendapat sanjungan dan apresiasi dari banyak pihak, termasuk media internasional. Bahkan, dua pemain Timnas Indonesia diklaim bisa meningkatkan kualitas Liga Malaysia.

Hal itu disampaikan oleh sejumlah pengamat sepak bola di Negeri Jiran. Para pengamat itu terkesan dengan penampilan skuad asuhan Shin Tae-yong di Piala AFF 2020.

Terlebih lagi, usia rata-rata Skuad Garuda termasuk yang termuda dari kontestan lain, yakni 23,8 tahun. Meski masih belia, para pemain sukses menunjukkan bahwa mereka mampu tampil kompetitif dengan melaju sampai partai final.

Seperti diketahui, Indonesia melaju mulus di edisi kali ini. Timnas Indonesia lolos dari babak penyisihan dengan status juara Grup B. Tim Merah Putih bahkan tidak menelan satu pun kekalahan di babak grup dan mampu mengimbangi juara bertahan Vietnam 0-0.

Selanjutnya, Skuad Garuda sukses melibas Singapura di babak semifinal. Sayang, langkah Indonesia untuk menjadi kampiun pupus setelah dikalahkan Thailand dengan agregat 2-6. Skuad Garuda pun keluar sebagai runner-up di edisi kali ini.

Terbaru, sejumlah pengamat Malaysia menilai ada dua pemain muda Indonesia yang cocok bergabung ke Liga Malaysia. Kehadiran kedua pemain itu bahkan disebut dapat mendongkrak kualitas Liga mereka.

Salah satu pemain yang disebut adalah Pratama Arhan. Mereka turut menyebut klub yang cocok untuk dibela sang pemain muda.

“Pratama Arhan. Aku rasa pemain ini akan menambah kualitas Liga Malaysia,” ujar salah satu pengamat dilansir dari perbincangan pada laman Youtube Astro Arena, Minggu (9/1/2022).

“Dia seorang left back yang bisa menyerang dan bertahan dengan baik. Dia juga memiliki teknik melampaui pemain asal Asia Tenggara. Bagi saya, dia cocok main di Selangor FA. Pasalnya, left back menjadi masalah bagi mereka,” sambungnya kemudian.
 
Sementara itu, pengamat lain menyebutkan nama lain dari Skuad Garuda yang dinilai layak tampil di Liga Malaysia. Dia adalah penyerang sayap Ramai Rumakiek.

“Pemain kedua yang saya harap masuk ke Liga Malaysia adalah penyerang sayap Ramai Rumakiek. Saya sangat suka dengan talenta dari Ramai,” ujar pengamat lain.

“Terlebih lagi, Ramai datang dari Timur Indonesia di kawasan Jayapura. Fisiknya berada di level berbeda (dengan pemain lain). Dia bisa bergabung dengan Sabah FA,” sambungnya.

Sumber : Sportstar.id