Hadapi Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2022, Nyali Pelatih Malaysia Ciut

Timnas Indonesia U-23 akan turun di Piala AFF U-23 2022. (Foto: PSSI)

Nyali pelatih Timnas Malaysia U-23, Brad Maloney, ciut jelang menghadapi Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022 yang dilangsungkan di Kamboja pada 14-26 Februari 2022. Ia menilai Timnas Indonesia dan sejumlah tim lain menunjukan perkembangan pesat sehingga bakal menyulitkan mereka.

Sejatinya, Timnas Malaysia U-23 bukanlah tim sembarangan. Skuad U-23 mereka baru saja memastikan tempat di putaran final Piala Asia U-23 2022.
Timnas Malaysia U-23

Harimau Muda tak terkalahkan dan menjadi pemuncak Grup J. Padahal, Malaysia berada satu grup dengan raksasa Asia Tenggara, Thailand.

Malaysia pun berhak tampil di Piala Asia U-23 2022 dan ditemani Thailand yang berstatus sebagai runner-up terbaik. Kendati demikian, Brad Maloney selaku juru taktik tak ingin jmawa meski diunggulkan.

Menurutnya, Piala AFF U-23 kali ini memiliki tingkat kesulitan berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya. Ambil contoh Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia U-23 bakal diperkuat sederet pemain muda yang baru saja tampil di final Piala AFF 2020. Sebut saja Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, Ramai Rumakiek dan banyak lagi.

Selain itu, Maloney juga menyorot langkah-langkah tim peserta yang memanggil banyak pemain yang berkarier di luar negeri. Karena itu, pria berpaspor Australia ini enggan meremehkan tim mana pun.

"Setiap negara peserta di kawasan ini menunjkkan peningkatan pesat, dan tidak ada lawan yang mudah," kata Maloney dilansir Harian Metro.

"Sebagian besar tim juga sudah mulai mencari atau mendatangkan pemain yang berkarier di luar negeri, seperti Eropa, Jepang atau Inggris untuk memperkuat tim," sambungnya.



Maloney mengingatkan anak asuhnya terus fokus. Ia ingin para pemainnya tidak menganggap remeh siapa pun di ajang dua tahunan ini.

"Tentu dengan hadirnya pemain dari luar negeri ini bisa memperkuat tim masing-masing, dan kami harus fokus di setiap pertandingannya," lanjut Maloney.

Malaysia U-23 akan memulai pemusatan latihan pada Kamis 27 Januari 2022 . Maloney akan membawa 30 pemain ke Pnomh Penh.

Namun, Maloney kabarnya tidak akan memanggil pemain yang tampil pada Kualifikasi Piala Asia 2023 2022. Beberapa nama besar seperti Luqman Hakim, Mukhairi Ajmal dan Arif Aiman kabarnya tidak akan dipanggil ke skuad.

Di Piala AFF U-23 2022, Malaysia tergabung di Grup B bersama Indonesia, Myanmar dan Laos. Hanya juara grup yang diizinkan lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-23 2022.

Sumber : OkeBola