Kalahkan Brunei dan Bangladesh, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Bakal Melonjak dan Geser Singapura

Timnas Indonesia akan hadapi Brunei dan Bangladesh di FIFA Matchday Januari 2022. (Foto: Laman resmi Piala AFF 2020)


PSSI mengonfirmasi Brunei Darussalam dan Bangladesh merupakan dua lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday bulan ini yang berlangsung pada 24 Januari hingga 2 Februari 2022 di Bali. 

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika Timnas Indonesia mengalahkan Brunei dan Bangladesh, akankah skuad Garuda sanggup menggeser Singapura di ranking FIFA? 

Sebelum kita membahas ke sana, kita ulas dulu salah satu alasan Timnas Indonesia ikut serta dalam FIFA Matchday bulan ini. 

Timnas Indonesia butuh memperbaiki posisi mereka di ranking FIFA jelang drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang digelar medio bulan depan. 

Perbaikan posisi wajib didapat supaya Timnas Indonesia naik pangkat, alias ditempatkan di pot 3. 

Jika ditempatkan di pot 3, otomatis Timnas Indonesia berkesempatan menghadapi tim-tim pot 4 di fase grup, yang di atas dapat mereka kalahkan. 

Saat ini, Timnas Indonesia merupakan penghuni pot 4 dengan ranking FIFA tertinggi, yakni 164. Sementara itu, Singapura adalah penghuni pot 3 dengan ranking FIFA terendah, yakni 160. Poin Timnas Indonesia di ranking FIFA saat ini adalah 993,96. 

Sementara itu, Singapura 1,000,78. Andai Timnas Indonesia menang atas Brunei dan Bangladesh, Timnas Indonesia bakal mendapatkan 8,32 poin tambahan. 

Alhasil, Timnas Indonesia bakal menutup FIFA Matchday Januari 2022 dengan koleksi 1002,28 poin. Hal itu berarti, Timnas Indonesia melewati catatan poin Singapura dan membuat skuad Garuda naik pangkat ke pot 3!

Namun, ada satu syarat lain supaya Timnas Indonesia dapat menggeser Singapura. Selain menang atas Brunei dan Bangladesh, diharapkan Singapura tidak menggelar pertandingan bulan ini. 

(Timnas Singapura belum memiliki pelatih saat ini) Jika pun menggelar pertandingan, diharapkan The Lions –julukan Singapura– mengalami kekalahan sehingga poin mereka malah menurun, bukannya menanjak. 

Peluang Singapura menggelar pertandingan bulan ini sejatinya cukup kecil. Sebab, Singapura belum memiliki pelatih setelah juru taktik mereka, Tatsuma Yoshida, memilih mengundurkan diri kelar Piala AFF 2020. 

Jadi, sanggup geser Singapura, Timnas Indonesia? 

Berikut hitung-hitungan poin Indonesia di FIFA Matchday Januari 2022: 

Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam 
Menang: +4.14 
Imbang: -0.85 
Kalah: -5.85 

Timnas Indonesia vs Bangladesh 
Menang: +4.18 
Imbang: -0.82 
Kalah: -5.82

Sumber : okebola