Malaysia Takjub Rencana PSSI Naturalisasi 4 Pemain Eropa, Timnas Indonesia Dijagokan Lolos Piala Asia 2023

Sandy Walsh salah satu pemain Eropa yang sedang dilakukan naturalisasi untuk Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/sandywalsh) 


Media Malaysia menyoroti aksi PSSI yang dikabarkan sudah hampir menyelesaikan proses naturalisasi empat pemain Eropa. 

Menurut salah satu media Malaysia, yakni Harimau Malaya, rencana memanggil empat pemain keturunan yang berkarier di Eropa itu merupakan rencana yang luar biasa dan berpotensi membuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia semakin kuat. 

Bahkan media Harimau Malaya itu menjagokan Timnas Indonesia untuk lolos ke ajang Piala Asia 2023 karena tambahan empat pemain Eropa tersebut. 

Media Harimau Malaya berani berkata seperti itu karena memang empat pemain yang sedang dinaturalisasi itu bukanlah pesepakbola kaleng-kaleng atau biasa saja. 

Seperti yang sudah beredar sebelumnya, PSSI tepatnya sedang berusaha menaturalisasi Sandy Walsh (KV Mechelen/Belgia), Jordi Amat (KAS Eupen/Belgia), Ragnar Oratmangoen (Go Ahead Eagles/Belanda), dan Mees Hilgers (Twente/Belanda). 


Empat pemain itulah yang membuat media Malaysia tersebut sampai ketar-ketir. 

Media Malaysia itu pun memuji rencana yang sudah dibangun PSSI dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. 

Dengan tambahan amunisi yang baru dan dari Eropa, media Harimau Malaya sangat yakin masa depan skuad Garuda akan semakin cerah. 

“Dengan kehadiran empat pemain bintang itu, Indonesia dirasa memiliki peluang yang besar untuk setidaknya melangkah lebih jauh lagi di Piala Asia 2023. 

Bahkan mungkin tampil di Piala Dunai 2022,” bunyi pernyataan media Malaysia Harimau Malaya, Sabtu (8/11/2021). 

Bagi media tersebut, sangat layak bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023. Sebab tanpa bantuan empat pemain Eropa saja sejatinya pasukan Shin Tae-yong sudah sangat hebat.

Terbukti seperti yang dapat dilihat di Piala AFF 2020, di mana Timnas Indonesia yang awalnya diragukan bisa lolos dari fase grup justru bisa mencapai ke babak final dan menghadapi Thailand. 

Sekali pun pada akhirnya Timnas Indonesia masih belum juara karena kalah dari Thailand, setidaknya skuad Garuda mampu bermain baik dengan tim yang berisikan para pemain muda. 

Timnas Indonesia tepatnya kalah 2-6 secara agregat di final Piala AFF 2020 tersebut. 

Media Harimau Malaya pun memprediksi Timnas Indonesia akan menjadi Raksasa Asia Tenggara yang baru dalam dua sampat tiga tahun ke depan. 

Tentunya hal itu bisa dilakukan jika para pemain muda yang tampil di Piala AFF 2020 bisa bermain konsisten dan kehadiran empat pemain naturalisasi bisa langsung klop dengan permainan skuad Garuda. 

“Mungkin Indonesia tidak ingin bermimpi terlalu tinggi karena timnya didapuk banyak pemain muda yang masih belum berpengalaman dan terekspos ke kancah internasional, namun hal ini memberikan keuntungan bagi skuad Garuda untuk meraih gelar 'Raksasa Asia Tenggara' di ajang tersebut. 

2-3 tahun berikutnya,” tutup pernyataan media Harimau Malaya tersebut.


Sumber : Okebola