Penyebab Laga Timnas Indonesia vs Bangladesh Berpotensi Batal, Ini 3 Calon Lawan Alternatif Skuad Garuda

Laga Timnas Indonesia vs Bangladesh berpotensi batal. (Foto: PSSI)


PENYEBAB laga Timnas Indonesia vs Bangladesh berpotensi batal akan dibahas dalam artikel ini. Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengabarkan Bangladesh berpotensi batal hadir di Indonesia karena terbentur regulasi Covid-19 di Tanah Air. 

Sedianya, laga Timnas Indonesia vs Bangladesh dilangsungkan di Bali sebanyak dua kali, yakni pada 24 dan 27 Januari 2022. 

Laga ini masuk kategori FIFA Matchday A sehingga berpeluang meroketkan peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA jika meraih kemenangan. 

Namun, berdasarkan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), pendatang dari negara-negara, termasuk Bangladesh, wajib menjalani karantina selama tujuh hari. 

"Kalau harus menjalani karantina selama tujuh hari, Bangladesh menolak karena mereka akan datang pada 20 Januari 2022," kata Yunus Nusi mengutip dari Antara, Kamis (13/1/2022). Selain itu, para warga negara asing itu juga harus sudah mendapatkan dosis vaksin COVID-19 lengkap di negara asalnya, minimal 14 hari sebelum keberangkatan ke Indonesia. 

Inilah yang kemudian menjadi masalah selanjutnya. "Di skuad Timnas Bangladesh, ada 10 pemain yang baru mendapatkan vaksin tahap pertama," lanjut Yunus Nusi.

Untuk menuntaskan persoalan ini, PSSI akan berkomunikasi dengan Satgas Penanganan COVID-19. Yunus Nusi menyebut pihaknya akan meminta keringanan lantaran pertandingan Timnas Indonesia versus Bangladesh berlangsung dalam sistem gelembung (bubble). 

Artinya, semua aktivitas Timnas Bangladesh dan Indonesia berlangsung tertutup, baik di penginapan, tempat latihan dan pertandingan. 

Tes uji usap PCR juga bakal dilakukan secara rutin. "Jadi, kami masih tetap menunggu seperti apa hasil komunikasi dengan pemerintah," kata Yunus Nusi. 

Andai dalam prosesnya laga versus Bangladesh batal, PSSI masih memiliki tiga pilihan calon lawan, yakni Timor Leste, Brunei Darussalam dan Maladewa. 

Pertandingan persahabatan internasional FIFA pada Januari 2022 menjadi kegiatan pertama Timnas Indonesia pada 2022. 

Setelah itu, PSSI fokus menyiapkan Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala AFF U-23 2022 pada 14-26 Februari 2022 di Kamboja. 

Gelar juara dibidik di ajang ini, mengingat Timnas Indonesia datang dengan status juara bertahan.

Sumber : Okebola