Segera Bela Timnas Indonesia, Jordi Amat Malah Ketiban Sial

Jordi Amat segera bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@jordiamat5)

JORDI Amat segera bela Timnas Indonesia. Rencananya minggu ini, dokumen yang dibutuhkan untuk proses naturalisasi Jordi Amat bakal dilimpahkan PSSI ke Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Jika proses berjalan lancar, bek milik KAS Eupen ini berpotensi membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday Maret 2022. Namun, jelang berubah status menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Jordi Amat malah ketiban sial.
Jordi Amat

Ketiban sial yang dimaksud di sini adalah, nilai pasar Jordi Amat terus menurun versi laman Transfermarkt. Ambil contoh pada Juni 2021, yang mana nilai pasar Jordi Amat berada di angka 1,4 juta euro atau sekira Rp22,6 miliar.

Bagaimana saat ini? Nilai pasar Jordi Amat saat ini menurun ketimbang Juni 2021, yang mana berada di angka 1,3 juta euro atau setara Rp21 miliar.

Usia dan level kompetisi memang memengaruhi nilai pasar seorang pemain. Ketika mentas bersama Real Betis, nilai pasar Jordi Amat pernah menembus 5 juta euro.

Sekadar diketahui, angka tersebut merupakan yang tertinggi dicapai Jordi Amat sebagai pesepakbola profesional. Sebelum membela KAS Eupen, Jordi Amat mentas di liga-liga top Eropa.

Seperti Liga Spanyol (Espanyol, Rayo Vallecano dan Real Betis) dan Liga Inggris (Swansea City). Sekarang pun Jordi Amat masih tampil di liga yang kompetitif.

Ia menjadi kapten tim KAS Eupen, kompetisi yang negaranya (Belgia) menduduki peringkat satu dunia versi FIFA. Karena itu, kehadiran Jordi Amat diharapkan memperkukuh pertahanan Timnas Indonesia.

Selain Jordi Amat, Sandy Walsh juga dalam waktu dekat mendapatkan status WNI. Bagaimana dengan dua pemain lain yang juga diajukan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi, yakni Ragnar Oratmangoen dan Mees Hilgers?

Rencananya, kedua pemain itu baru mengirimkan dokumen ke PSSI awal Februari 2022. PSSI berharap, nama-nama di atas bisa membela Timnas Indonesia saat turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022.

Sumber : OkeBola