Berkat Kehebatan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia Jadi Panutan Timnas China Usai Dipermalukan Vietnam

Berkat Shin Tae-yong, Timnas Indonesia jadi panutan Timnas China. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)

BERKAT kehebatan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia jadi panutan Timnas China usai dipermalukan Vietnam di matchday kedelapan Grup B babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Demi membangkitkan sepakbola mereka, Federasi Sepakbola China (CFA) berniat mengangkat pelatih asal Korea Selatan untuk menukangi Timnas China.

Saat ini, skuad Negeri Tirai Bambu ditangani pelatih lokal bernama Li Xiaopeng. Pelatih 46 tahun ini sejatinya baru menangani Timnas China.

(Timnas China incar Kim Jong-boo)


Ia baru dipercaya memimpin Timnas China per 3 Desember 2021. Namun, di dua laga awal menangani China, hasil yang didapat jauh dari kata baik.

China dihajar Jepang 0-2 dan Vietnam 1-3 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Karena itu, China dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Namun, CFA tak marus berpangkutangan. Mereka siap membuat gebrakan, layaknya yang dilakukan Vietnam dan Timnas Indonesia, yakni mengangkat pelatih asal Korea Selatan.

Mengutip dari media Vietnam, Zing News, CFA membidik pelatih asal Negeri Ginseng yang menangani salah satu klub Liga Super China, Hebei FC, yakni Kim Jong-boo.

Kim Jong-boo i akrab dengan gelar juara. Pada 2017, ia membawa sang klub, Gyenongnam FC, kampiun K League 2 2017 sekaligus promosi ke kasta teratas pada awal 2018.

(Park Hang-seo angkat derajat sepakbola Vietnam)


Seperti yang sudah diutarakan di atas, ketertarikan CFA kepada Kim Jong-boo berdasarkan prestasi yang didapatkan Vietnam dan Timnas Indonesia bersama pelatih asal Korea Selatan. Bersama Park Hang-seo, Vietnam lolos ke final Piala Asia U-23 2018, menembus semifinal Asian Games 2018 dan juara Piala AFF 2018.

Tak sampai di situ, Park Hang-seo mengantarkan Golden Stars kampiun SEA Games 2019! Bagaimana dengan Shin Tae-yong? Ia membawa Timnas Indonesia lolos ke final Piala AFF 2020 meski mengandalkan pemain-pemain berusia di bawah 23 tahun.

Dalam perjalanannya, Timnas Indonesia sempat menahan juara bertahan Vietnam 0-0, hingga menghancurkan Malaysia 4-1 dan Singapura 5-3. Karena itu, menarik menanti keputusan apa selanjutnya yang diambil Timnas China.

Sumber : OkeBola