Pemain Keturunan Ungkap Kesedihan Timnas Indonesia U-23 Mundur dari Piala AFF U-23 2022

 


PENYERANG keturunan Indonesia-Liberia, Ronaldo Kwateh, mengungkap kesedihan setelah Timnas Indonesia U-23 mundur dari Piala AFF U-23 2022. Bomber Madura United itu pun berserah kepada tuhan atas keputusan ini.


Jumat, (11/2/2022) pagi WIB berita buruk menghampiri pencinta sepakbola Tanah Air. Timnas Indonesia U-23 menyatakan mundur dari Piala AFF U-23 2022 karena terserang badai Covid-19 dan cedera.


Sebagai pemain, kekecewaan yang dalam pasti sangat dirasakan Ronaldo Kwateh. Tetapi, Ronaldo Kwateh sangat yakin tuhan memiliki rencana yang lebih bagus untuk ia dan rekan-rekannya di skuad Garuda Muda.


"Percaya dan yakin dengan rencana Tuhan, yang disertakan emotikon sedih," tulis Ronaldo Kwateh di Instagram story pribadinya (@ronaldokwateh7), Jumat (11/2/2022).


Sekadar informasi, tujuh pemain Timnas Indonesia U-23 positif Covid-19, termasuk Ronaldo Kwateh sendiri. Mereka ialah Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.


Namun, ada pula yang harus menjalani karantina karena menunggu masa inkubasi. Sebut saja Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan yang berada satu kamar dengan tujuh pemain positif.


Badai cedera juga menimpa tim besutan Shin Tae-yong. Sebanyak tiga pemain tak dalam kondisi fit setelah memperkuat klubnya masing-masing di Liga 1, yakni Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.


Kondisi tersebut membuat Shin Tae-yong mengirim surat resmi kepada PSSI dan mengusulkan untuk membatalkan keikutsertaan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022. Permintaan Shin Tae-yong ini kemudian direspons oleh PSSI.


"Dengan sangat menyesal, kami harus membatalkan keikutsertaan Indonesia di Piala AFF U-23 karena alasan di atas," kata Yunus Nusi dalam pernyataan PSSI.


"Kami meminta maaf kepada semua pihak karena situasi ini di luar kendali kami. Saat ini kami fokus untuk penyembuhan pemain yang terkena covid-19 dan yang mengalami cedera," sambung Yunus Nusi.


Diharapkan, kegagalan ini merupakan cambukan bagi Timnas Indonesia U-23 untuk tampil lebih baik lagi saat kembali tampil di sebuah turnamen. Terdekat, Timnas Indonesia U-23 akan turun di SEA Games 2021. Ajang multievent itu berlangsung di Vietnam pada 12-23 Mei 2022.


Sumber : Oke Bola