Uji Coba Timnas Indonesia: PSSI Lirik Eropa Timur dan Asia Timur

Timnas Indonesia vs Timor Leste di jeda internasional sebelumnya. Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

PSSI merencanakan laga uji coba buat Timnas Indonesia pada jeda internasional atau FIFA Matchday bulan Maret. Lawan yang diincar adalah negara dari Eropa Timur dan Asia Timur.

Jeda internasional bulan depan jatuh pada 21-29 Maret. PSSI ingin memanfaatkan jeda internasional agar memperbaiki peringkat Timnas Indonesia di rangking FIFA.

Agenda jeda internasional sebelum ini sudah membuahkan hasil positif buat Timnas Indonesia. Dua kemenangan melawan Timor Leste membuat Garuda sekarang naik ke peringkat ke-160 FIFA.

Kini, PSSI kembali sudah membidik sejumlah lawan buat jeda internasional. Kali ini federasi mau Garuda menghadapi lawan yang lebih kuat.

"Dalam komunikasi, mungkin Bosnia dan Slovakia. Tapi tergantung situasi, mereka juga di sana situasi COVID-19 yang cukup tinggi juga," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan kepada wartawan.

"Kenapa kami mencari lawan kita yang tinggi rankingnya? Sehingga nanti poinnya lebih besar dan pasti ada pengalaman yang lebih bagus daripada tim yang lainnya," ujarnya menambahkan.

Federasi juga sudah menyiapkan lawan alternatif andai laga melawan Bosnia dan Slovakia tak bisa terlaksana. Negara dari Asia Timur menjadi incaran.

Tapi tak diungkapkan kisi-kisi negara Asia Timur yang dimaksud. Dari Asia Timur ada negara-negara kuat seperti Korea atau Jepang atau lawan-lawan setara seperti Taiwan atau Hong Kong.

"Mungkin beberapa negara di wilayah Asia. Kita akan coba komunikasikan. Yang jelas kita minta rankingnya adalah yang jauh di atas kita," ucap Iriawan.

Sumber : sepakbola