Update Ranking FIFA: Peringkat Naik Pesat, Timnas Indonesia dan Korea Selatan Jadi Sorotan Asia

Berikut update ranking FIFA. Timnas Indonesia dan Korea Selatan melesat. (Foto: AFF)

UPDATE ranking FIFA Februari 2022 akan dibahas dalam artikel ini. Peringkat naik pesat, Timnas Indonesia dan Korea Selatan menjadi sorotan Asia. Laman Footy Ranking mengunggah prediksi peringkat FIFA edisi Februari 2022. 

Dalam penghitungan yang biasanya relevan dengan hitungan FIFA, Timnas Indonesia dan Korea Selatan sama-sama mengalami peningkatan yang paling dratis ketimbang negara Asia lain dalam periode akhir Desember 2021 sampai awal Februari 2022. 

Baik Timnas Indonesia dan Korea Selatan sama-sama naik empat posisi! Timnas Indonesia melesat dari posisi 164 ke 160. Sementara itu, Korea Selatan melonjak dari tangga 33 ke 29. "Update ranking FIFA AFC periode Desember 2021 hingga Februari 2022. 


Penambahan poin terbanyak Jepang. Peningkatan ranking paling drastis, Indonesia dan Korea Selatan," tulis laman Footy Ranking. Timnas Indonesia dan Taeguk Warriors –julukan Korea Selatan– mengalami peningkatan posisi yang cukup drastis karena dua faktor. Pertama, Korea Selatan dan Timnas Indonesia melakoni banyak laga di periode akhir Desember 2021 hingga awal Februari 2022. 

Timnas Indonesia menjalani lima pertandingan. Sebut saja pertandingan leg II semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura, serta dua laga final Piala AFF 2020 versus Thailand.


Kemudian pada FIFA Matchday Januari 2022, Timnas Indonesia menjalani dua laga kontra Timor Leste. Bagaimana dengan Korea Selatan? (Korea Selatan lolos ke Piala Dunia 2022) Skuad asuhan Paulo Bento itu melakoni dua pertandingan uji coba kontra Moldova dan Islandia, serta melewati dua pertandingan babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia versus Lebanon dan Suriah. Hasilnya, baik Timnas Indonesia dan Korea Selatan sama-sama mendapatkan hasil luar biasa. Timnas Indonesia menghajar Singapura 4-2, serta dua kali mempermalukan Timor Leste (4-1 dan 3-0). 

Sementara itu, kekalahan (0-4) dan hasil imbang (2-2) didapat Timnas Indonesia dari Thailand. Bagaimana dengan Korea Selatan? Skuad yang pernah ditangani Shin Tae-yong ini mendapatkan hasil luar biasa. Mereka menghajar Islandia 5-1, Moldova (4-0), Lebanon (1-0) dan Suriah (2-0). 

Berkat kemenangan atas Lebanon dan Suriah, Korea Selatan memastikan lolos ke Piala Dunia 2022. Melihat konsistensi performa mereka, Timnas Indonesia dan Korea Selatan diprediksi terus melesat di ranking FIFA 2022. Khususnya Timnas Indonesia yang sudah merencanakan serangkaian laga di FIFA Matchday dan bakal turun pada babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sumber : OkeBola