5 Alasan Timnas Indonesia Bakal Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023, Nomor 1 Siap Geser Malaysia!

Berikut 5 alasan Timnas Indonesia bakal lolos ke 16 besar Piala Asia 2023. (Foto: Instagram/@shintaeyong7777)


SEBANYAK 5 alasan Timnas Indonesia bakal lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 akan diulas Okezone. Piala Asia 2023 akan dilangsungkan di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Siapa lawan Timnas Indonesia di Fase Grup Piala Asia 2023 akan diketahui dalam drawing yang dilangsungkan di Doha, Qatar pada 11 Mei 2023 pukul 18.00 WIB. Karena berbagai faktor, Timnas Indonesia diprediksi melaju ke fase gugur atau 16 besar. Lantas, apa saja faktor yang dimaksud?

Berikut 5 alasan Timnas Indonesia bakal lolos ke 16 besar Piala Asia 2023:

5. Skuad Makin Kuat

Shayne Pattynama

(Shayne Pattynama (kanan) segera perkuat Timnas Indonesia)

Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dijamin makin kuat. Sebab, skuad asuhan Shin Tae-yong bakal diperkuat dua pemain naturalisasi yang belum menjalani debut bersama skuad Garuda, yakni Sandy Walsh dan Shayne Pattynama.

Timnas Indonesia bisa semakin kuat jika proses naturalisasi Rafael Struick, Ivar Jenner dan Justin Hubner rampung. Jangankan lolos ke 16 besar, berkat bantuan nama-nama di atas Timnas Indonesia diprediksi bisa melaju lebih jauh di Piala Asia 2024.

4. Format Turnamen

Timnas Indonesia vs Timnas Burundi

Sejak Piala Asia 2019, kontestan ajang empat tahunan ini membengkak menjadi 24 negara, dari yang awalnya 16 tim. Membengkaknya jumlah peserta otomatis membantu tim-tim seperti Timnas Indonesia ambil bagian di Piala Asia.

Sebanyak 24 negara itu kemudian dibagi ke dalam enam grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat tim. Nantinya, tim yang menempati posisi satu dan dua di fase grup berhak lolos ke 16 besar.

Sementara itu, empat dari enam tim peringkat tiga terbaik berhak melaju ke 16 besar. Karena itu, seapes-apesnya Timnas Indonesia diprediksi bisa merebut status peringkat tiga terbaik untuk melaju ke fase gugur.

3. Rival Punya Pengalaman

Timnas Vietnam

(Timnas Vietnam lolos ke perempatfinal Piala Asia 2019)

Di Asia Tenggara, level Timnas Indonesia tidak ketinggalan jauh dari Thailand dan Vietnam. Terlebih setelah diperkuat Sandy Walsh dan Shayne Pattynama, Timnas Indonesia diprediksi bisa menyaingi level dua negara di atas.

Kebetulan, Vietnam dan Thailand berpengalaman lolos ke fase gugur Piala Asia 2019. Saat itu, Thailand finis sebagai runner-up Grup A, sedangkan Vietnam merebut status peringkat tiga terbaik. Vietnam bahkan lolos ke perempatfinal Piala Asia 2019 setelah menumbangkan tim kuat Yordania via adu penalti di 16 besar.

2. Faktor Shin Tae-yong

Shin Tae-yong

Kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia berakhir pada 31 Desember 2023. Namun, melihat kondisi terkini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir disinyalir memberikan kontrak baru kepada Shin Tae-yong.

Keberadaan Shin Tae-yong membuat pemain-pemain Timnas Indonesia tak perlu beradaptasi lagi. Piala Asia 2023 merupakan kesempatan Shin Tae-yong unjuk gigi setelah sebelumnya gagal beraksi di Piala Dunia U-20 2023.

1. Dongkrak Ranking FIFA

Timnas Indonesia vs Timnas Burundi

Timnas Indonesia kini menempati peringkat 149 dunia. Posisi ini merupakan yang terbaik disandang Timnas Indonesia dalam 11 tahun terakhir atau sejak 2012.

Karena itu, tampil di Piala Asia 2023 merupakan momentum Timnas Indonesia memperbaiki peringkat, mengingat mereka dipertemukan dengan tim-tim yang menempati posisi di atas mereka. Jika meraih kemenangan atau sekadar hasil imbang, sudah cukup bagi Timnas Indonesia untuk meroketkan posisi mereka di ranking FIFA.

Mengejar ranking FIFA Malaysia juga sebuah keharusan bagi Timnas Indonesia. Di bawah asuhan Kim Pan-gon, Timnas Malaysia melesat di peringkat 138 dunia, atau naik tujuh anak tangga di periode Desember 2022 hingga Maret 2023.


Sumber : Oke Bola