Ini Ucapan Indra Sjafri yang Buat Timnas Indonesia U-22 Menggila di Babak Tambahan saat Hadapi Thailand

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri. (Foto: PSSI)


Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22, Indra Sjafri memegang peranan penting dalam keberhasilan skuad Garuda Muda dalam meraih medali emas SEA Games 2023. 

Sebab berkat taktik dan perkataannya yang membangkitkan mental pemain, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan berhasil melibas Thailand di final dengan skor 5-2, pada Selasa 16 Mei 2023 malam WIB.

Bermain di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, kemenangan itu harus ditentukan selama 120 menit karena dalam 90 menit laga kedua tim sama kuat 2-2. Timnas Indonesia U-22 tampil luar biasa pada babak tambahan karena dapat mencetak tiga gol.

Sebelum memainkan babak tambahan, ternyata para pemain mendapatkan motivasi lebih dari Indra Sjafri. Pelatih yang juga menjabat sebagai Direktur Teknis PSSI itu mengatakan saat memasuki waktu tambahan, ia meminta para pemain jangan hilang konsentrasi.

Pasalnya, jika hilang konsentrasi tersebut justru bakal dimanfaatkan Thailand. Untungnya para pemain tetap dapat fokus meski sempat kericuhan di pinggir lapangan.

"Dalam keadaan kritis seperti itu, saya hanya bicara ke pemain tetap fokus, sabar dan kompak. Jalankan apa yang saya minta," kata Indra Sjafri dalam keterangan yang MNC Portal Indonesia (MPI) peroleh, Kamis (18/5/2023).

Dalam momen itu juga Indra Sjafri mengatakan telah meminta tim asuhannya jangan biarkan Thailand bisa menguasai bola lebih lama. Sebab, kondisi itu akan membuat tim lawan makin solid.

"Di mana saya minta main, jangan pernah ada beri kesempatan kepada lawan untuk berkembang lagi," ucapnya.

Indra Sjafri mengatakan instruksi itu diminta setelah melihat penampilan timnya pada babak kedua karena sempat lengah. Itu membuat laga bisa imbang antara kedua tim dan dilanjutkan perpanjangan waktu.

"Ada sekitar 10-15 menit mereka berkembang dan akhirnya mereka mengejar menjadi 2-2. Setelah itu kami memenangkan pertandingan," ujarnya.

Sumber : Oke Bola