Jonathan Khemdee Cari Masalah Lagi dengan Indonesia Setelah Dilarang Tampil di SEA Games Seumur Hidup

Jonathan Khemdee, musuh netizen Indonesia. (Foto: Instagram/@jkhemdee17)


BEK asal Thailand, Jonathan Khemdee, lagi-lagi mencari masalah dengan Indonesia. Pesepakbola berusia 21 tahun itu cosplay sebagai netizen Indonesia ketika sang rekan setim di Timnas Thailand U-22, Songchai Thongcham, sedang live Instagram.

Ketika Songchai Thongcham sedang live Instagram, Jonathan Khemdee menaruh skor 5-2 yang merujuk hasil kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Timnas Thailand U-22 di final sepakbola SEA Games.

(Momen Jonathan Khemdee cosplay menjadi netizen Indonesia)

Tak hanya menaruh skor, dalam komentar selanjutnya, bek keturunan Thailand-Denmark ini menulis kata Indo 5-2. Apakah ini pertanda Jonathan Khemdee belum rela Thailand tumbang dari Timnas Indonesia U-22 secara mengenaskan?

Jonathan Khemdee memang dicap sebagai musuh netizen Indonesia. ketika Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 dari Thailand di semifinal SEA Games 2021, Jonathan Khemdee berhasil memprovokasi wasit yang memimpin pertandingan.

Akibat provokasi dari Jonathan Khemdee, wasit yang memimpin laga memberikan tiga kartu merah kepada pemain Timnas Indonesia, yakni Firza Andika, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Aksi itu yang membuat netizen Indonesia mereport bareng-bareng akun Instagram Jonathan Khemdee.

Berselang setahun, Jonathan Khemdee lagi-lagi kembali bersua Timnas Indonesia U-22. Kali ini, Jonathan Khemdee tak bisa tertawa karena Thailand menjadi bulan-bulanan skuad Garuda Muda.

Bahkan bek 21 tahun ini terkena kartu kuning kedua alias diusir wasit, setelah kakinya mengenai wajah fullback Timnas Indonesia U-22, Ilham Rio Fahmi. Kelar pertandingan, aksi tidak terpuji dilakukan bek milik Ratchaburi FC ini.

Ia memilih melempar medali perak dan maskot SEA Games 2023 ke arah penonton, alih-alih membawanya pulang. Karena itu, kabarnya Jonathan Khemdee mendapat larangan tampil di SEA Games seumur hidup atas ulahnya tersebut.

"Asosiasi Sepakbola telah mengeluarkan permintaan maaf publik atas insiden yang terjadi di final SEA Games 2023 di Kamboja. Jonathan Khemdee telah diberitahu Komisi SEA Games bahwa dirinya telah dilarang bermain di SEA Games selama sisa hidupnya setelah menunjukkan sikap yang tidak pantas dengan melempar maskot dan medali," tulis Admin CN.10 di Facebook.

Banyak yang bertanya, hukuman di atas takkan memberikan efek jera, mengingat Jonathan Khemdee sudah memutuskan pensiun dari Timnas Thailand. Namun, jika nantinya Jonathan Khemdee melakukan comeback, ia takkan bisa membela Thailand di SEA Games 2025 meskipun level yang dipertandingkan U-23 bukan U-22.

Sumber : Oke Bola