Ketua Umum PSSI-nya Kamboja Resmi Mundur Sebelum Timnas Kamboja U-22 Hadapi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Timnas Kamboja U-22 terancam gagal lolos ke semifinal SEA Games 2023 (Foto: Instagram/@ffc_offcial_ig)


KETUA Umum Federasi Sepakbola Kamboja, Sao Sokha resmi mengumumkan mundur dari jabatannya sebelum Timnas Kamboja U-22 hadapi Timnas Indonesia U-22, Rabu 10 Mei 2023. Hal itu diketahui dari laman resmi Facebook miliknya.

“Setelah gagal bersaing di Grup A SEA Games 2023, saya akan memenuhi janji saya untuk mundur dari Ketua Umum Federasi Sepakbola Kamboja. Ini merupakan bentuk tanggung jawab saya,” ujarnya dikutip dari Facebook.

Pengumuman mundurnya Sao Sokha tentu cukup mengejutkan. Sebab sebelumnya, santer diberitakan Sao Sokha memang akan mundur dari jabatannya. Namun, keptuusan itu diambil jika Kamboja gagal lolos ke semifinal SEA Games 2023.

Ternanyar, Kamboja kalah 0-2 dari Myanmar pada laga yang berlangsung Minggu 7 Mei 2023 malam WIB. Hasil itu membuat Kamboja turun ke peringkat ketiga klasemen sementara Grup A SEA Games 2023. Kekalahan itu diduga jadi penyebab utama Sao Sokha undur diri.

Sebab sebenarnya, Kamboja masih punya peluang lolos ke semifinal SEA Games 2023. Dengan catatan, Kamboja wajib menang lawan Timnas Indonesia U-22 di laga pamungkas Grup A, meski hal itu cukup sulit.

Dibilang cukup sulit, sebab Timnas Indonesia U-22 tampil menggila dalam tiga laga terakhir. Terbaru, Garuda Muda menang telak 3-0 atas Timor Leste.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Filipina (3-0) dan Myanmar (5-0). Torehan impresif itu membuat Timnas Indonesia U-22 bercokol di peringkat pertama klasemen sementara Grup A SEA Games 2023 dengan raihan sembilan poin.

Catatan itu, sekaligus membuat tim asuhan Indra Sjafri tersebut dipastikan lolos ke semifinal SEA Games 2023. Dengan kata lain, masih ada satu tiket semifinal dari Grup A.
Dari Grup A masih ada dua tim, yang berpeluang lolos ke semifinal SEA Games 2023. Selain Kamboja, ada Myanmar yang punya kans menemani Timnas Indonesia U-22 melenggang ke semifinal.

Tapi, peluang Myanmar lebih terbuka lebar. Pasalnya, Myanmar kini sudah mengoleksi enam poin dari tiga laga. Mereka ada di posisi kedua, di bawah Timnas Indonesia U-22.

Selain itu, Myanmar masih punya satu pertandingan sisa. Mereka bakal bersua Filipina, tim yang notabene sudah tersingkir dari ajang SEA Games 2023. Praktis, Myanmar dikatakan memiliki peluang lebih besar ketimbang Kamboja.

Untuk menyaksikan rangkaian acara SEA Games 2023, Anda bisa streaming langsung melalui Vision+ atau RCTI+ dan menonton pertandingan SEA Games secara lengkap mulai dari pertandingan olahraga, ceremonial, hingga berbagai highlights pertandingan yang sudah berlangsung.

Sumber : Oke Bola