Menang Besar, Indra Sjafri Masih Cari Dream Team Indonesia U-22

 

Indra Sjafri mengatakan masih mencari dream team atau tim impian Timnas Indonesia U-22 usai membantai Myanmar dengan skor 5-0, Kamis (4/5).
Lima gol Indonesia U-22 dalam pertandingan di Stadion Olimpiade Phnom Penh, Kamboja itu dilesakkan Marselino Ferdinan, Ramadan Sananta (dua gol), Fajar Fatur Rahman, dan Titan Agung.

"Ini pertandingan kedua kita. Sesuai rencana kita bahwa pertandingan di grup, akan ada rotasi-rotasi pemain dan bukan dalam rangka recovery karena recovery kita cukup panjang," kata Indra.

"Tapi adalah dalam rangka mencari the dream team untuk nanti insya-Allah tampil di semifinal dan final," ucap pelatih asal Sumatera Barat itu saat jumpa pers selepas laga.

Karenanya dalam pertandingan melawan Myanmar ini Indra mengubah komposisi tim. Ada empat pemain inti dalam laga melawan Filipina yang dicadangkan saat menghadapi Myanmar.

Hal sama akan dilakukan Indra dalam pertandingan melawan Timor Leste (7/5) dan Kamboja (10/5). Semua pertandingan grup akan dijadikan sarana mencari komposisi terbaik sebelum semifinal.

"Kami tim pelatih berusaha membuat periodesasi persiapan, di mana nanti puncaknya adalah di semifinal dan final," ucap Indra yang juga merupakan Direktur Teknik PSSI.

Dalam pandangan Indra, kondisi pemain Garuda Muda tidak begitu ideal saat datang ke pemusatan latihan. Sebagian besar datang setelah di pengujung kompetisi dan setelah liga selesai.

Ini membuat performa pemain secara matematik telah menurun. Karenanya Indra ingin kembali meningkatkan performa pemain secara perlahan. Tujuannya agar pemain dalam kondisi terbaik di semifinal.

"Seperti diketahui kesulitan, mungkin setiap negara yang pemain-pemainnya hadir [ke SEA Games 2023] adalah dengan terhambat [ke pemusatan latihan] karena adanya kompetisi," kata Indra.

"Mereka menyelesaikan kompetisi selama enam bulan [terlebih dahulu] dan tentu mereka dari peak mulai turun sekarang pelan-pelan ini mulai kami naikkan lagi," ujar Indra.

Sumber : CNN Indonesia