Shin Taeyong Puji Fisik Pemain Timnas Indonesia Selevel Korea

Shin Tae Yong mengatakan fisik pemain Timnas Indonesia sudah selevel pemain Korea Selatan. (ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)


Shin Tae Yong menyebut kekuatan fisik pemain Timnas Indonesia sejajar dengan pemain Korea Selatan, tetapi belum selevel soal mentalitas.
Itu diungkapkan Shin setelah menghadiri Hall of Fame K League di Jang Gu, Selasa (2/5) pagi. Shin menilai fisik pemain Indonesia bisa dan sanggup ditempa seperti pemain Korea Selatan.

"Ada kemiripan kondisi fisik [pemain Timnas Indonesia dan Korea Selatan] tetapi lolos ke Piala Dunia adalah hal lain," ucap Shin selepas penganugerahan, dilansir dari Chosun.

Pelatih 53 tahun tersebut juga mengaku sempat frustrasi saat Indonesia gagal menggelar Piala Dunia U-20 2023. Kondisi sosial dan politik di Indonesia membuat ajang tersebut terpaksa diberikan ke Argentina.

Kendati demikian Shin tak patah semangat. Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mengaku akan tetap di Indonesia untuk mempromosikan Liga Korea Selatan di ASEAN.

Shin mengatakan tugasnya di Timnas Indonesia memang tak mudah. Perihal utama yang disebut Shin sangat mengganggu adalah mentalitas pemain Indonesia yang belum setara dengan Korea.

"Untuk pemain Indonesia, memiliki kondisi fisik yang mirip dengan Korea, namun perlu ditekankan bahwa berada di Piala Dunia sebanyak 10 kali adalah bagian dari mental," ucapnya menegaskan.

Tugas terdekat Shin Tae Yong di Timnas Indonesia adalah berjuang lolos ke Piala Asia U-23 2024, lolos Olimpiade, lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026, dan tampil di Piala Asia 2023.

Sumber : CNN Indonesia