Bima Sakti Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023, Asisten Pelatih Shin Tae-yong: Keputusan Tepat



Asisten pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Nova Arianto mendukung penuh penunjukkan Bima Sakti sebagai juru taktik Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023. Nova melihat Bima Sakti adalah sosok yang tepat bila dibandingkan pelatih-pelatih lainnya, termasuk Shin Tae-yong.

“Saya rasa coach Bima sangat layak (pimpin Timnas Indonesia U-17,” kata Nova ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (26/6/2023).

Seperti diketahui, Ketum PSSI, Erick Thohir menyampaikan kalau Bima Sakti akan menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung di Indonesia. Nova selaku asisten Shin Tae-yong di timnas senior pun mengakui kalau Bima Sakti sangat layak mengemban tugas tersebut.

Sebab menurut Nova, Bima Sakti sudah mengetahui lebih jauh terkait karakter pemain muda Timnas Indonesia. Apalagi, pelatih berusia 46 tahun itu terbukti sukses membawa Skuad Garuda Muda juara Piala AFF U-16 2022. Ditambah lagi, waktu persiapan yang ada saat ini cukup singkat.

“Karena selain mepetnya waktu persiapan, dia sudah mengenal karakter para pemain U-16 selama ini. Pastinya, sukses untuk Coach Bima,” sambung Nova Arianto.

Sebenarnya, persiapan Skuad Garuda Asia menatap Piala Dunia U-17 2023 bisa dibilang tidak terlalu mepet. Mengingat, ajang tersebut dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Hanya saja, yang menjadi kendala adalah minimnya menit bermain untuk para pemain tersebut. Sehingga kondisi itu akan menjadi salah satu tantangan bagi Skuad Garuda Asia dalam mempersiapkan diri.

Meski demikian, dipastikan Timnas Indonesia U-17 bakal mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kabarnya, pasukan Bima Sakti nantinya akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Eropa dan melakukan laga uji coba di sana.

Untuk diketahui, Indonesia dipilih FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 dengan menggantikan Peru yang memilih mundur karena alasan infrastruktur. Sejauh ini sudah ada 22 tim yang lolos, termasuk Indonesia karena statusnya sebagai tuan rumah.

Sumber : Oke Bola