Ternyata Pelatih Rafael Struick di Liga Belanda Adalah Mantan Juru Taktik PSM Makassar



PELATIH asal Bosnia-Herzegovina Darije Kalezic kini resmi menukangi Eerste Divisie atau Liga 2 Belanda, Ado Den Haag. Dengan begitu dia juga akan melatih pemain Timnas Indonesia Rafael Struick.

Nama Darije Kalezic sudah tak asing bagi pecinta sepakbola Indonesia. Pelatih berusia 53 tahun ini pernah menjadi juru taktik PSM Makassar. Ia melatih Juku Eja, julukan PSM Makassar, pada musim 2019.

Tangan dinginnya sukses membawa klub kebanggaan warga Sulawesi Selatan itu menjuarai turnamen Piala Indonesia. Di final, anak asuhan Darije Kalezic sukses menaklukkan Persija Jakarta.

Tak hanya itu, ia pun sukses membawa PSM Makassar melenggang hingga fase semifinal AFC Cup zona ASEAN 2019.

Hanya saja, kecemerlangannya dalam mengahntarkan PSM Makassar di berbagai turnamen tak berbanding lurus dengan prestasi klub di Liga 1. Pada musim 2019 PSM Makassar hanya mampu finis di urutan 12 pada klasemenen tertinggi di Tanah Air.

Setelah kepergiannya dari PSM Makassar, ia sempat menjadi pelatih junior klub raksasa Belanda, Ultrech. Ia dipercaya mengasuh Young Ultrech dengan kontrak 3 tahun.

Di sana, ia sempat melatih pemain Timnas Indonesia Bagus Kahfi serta Ivan Jenner. Kini, memasuki musim 2023, ia kembali bersinggungan dengan pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick, di Ado Den Haag.

Rafael Struick sendiri merupakan pemain naturalisasi yang kini resmi menjadi bagian dari skuad Timnas Indonesia. Ia sempat dimaninkan kala timnas menghadapi Argentina beberapa waktu lalu.

Sumber : Oke Bola