Timnas Indonesia U-24 Diuntungkan Berkat Kondisi Sulit yang Dialami Thailand U-24 di Asian Games 2023

Timnas Indonesia U-24 berjuang keras demi bisa lolos dari fase grup Asian Games 2023 (Foto: NOC Indonesia)


TIMNAS Indonesia U-24 diuntungkan berkat kondisi sulit yang dialami Timnas Thailand U-24 di Asian Games 2023. Bagi yang belum tahu, Thailand U-24 saat ini berada di ambang gagal lolos ke babak 16 besar cabang olahranga sepakbola putra Asian Games 2023.

Sebab, tim berjuluk Gajah Perang Muda itu saat ini berada di posisi ketiga Grup E Asian Games 2023 dengan koleksi 1 poin dari 2 laga (selisih gol -4). Tim asuhan Issara Sritaro itu ditahan imbang 1-1 oleh Bahrain dan dibantai Korea Selatan dengan skor telak 0-4.

Sejatinya, Thailand U-24 masih memiliki satu pertandingan tersisa di laga terakhir Grup Emelawan Kuwait. Namun, kemenangan atas Kuwait akan sia-sia jika Bahrain yang saat ini di posisi kedua (2 poin) menang atas pemuncak klasemen, Korea Selatan (6 poin).

Jika situasi di atas terjadi, maka Thailand U-24 akan tetap memiliki 1 poin karena kemenangan atas Kuwait selaku tim juru kunci tidak dihitung. Sebagai informasi, hanya juara grup (6 tim), runner up grup (6 tim), dan peringkat ketiga terbaik (4 tim) yang berhak lolos ke 16 besar.

Untuk penentuan peringkat ketiga terbaik, tolok ukur utamanya adalah perolehan poin setiap tim di klasemen mini. Sebab demikian, Thailand U-24 yang mengalami kondisi sulit itu bisa menguntungkan bagi Timnas Indonesia U-24 jika harus ikut bersaing di perebutan peringkat ketiga terbaik.

Sebagai informasi, saat ini puncak klasemen Grup F diduduki Korea Utara dengan koleksi 6 poin dengan selisih gol +3. Sedangkan Timnas Indonesia U-24 di posisi kedua dengan memiliki 3 poin (selisih gol +1), diikuti Taiwan dengan 3 poin (selisih gol -1).

Jika di laga terakhir Grup F Taiwan menang telak atas Kirgistan dan Timnas Indonesia U-24 hanya menang tipis atas Korea Utara, maka Taiwan akan finis sebagai runner up Grup F Asian Games 2023. Sedangkan Timnas Indonesia U-24 akan berada di posisi ketiga dan unggul atas Thailand U-24 dalam perebutan tempat ketiga terbaik.

Terlepas dari hal itu, Timnas Indonesia U-24 masih memiliki dua cara lain untuk lolos ke babak 16 besar tanpa melalui cara perebutan tempat ketiga terbaik. Tim asuhan Indra Sjafri itu masih bisa keluar sebagai juara grup atau runner up Grup B jika berhasil mengalahkan Korea Utara dengan lebih dari dua gol dengan syarat Taiwan tidak menang lawan Kirgistan.


Seandainya lolos ke 16 besar Asian Games 2023, lantas siapa calon lawan Timnas Indonesia U-24 di babak berikutnya? Perlu diketahui, sesuai bagan yang telah ditetapkan panitia Asian Games 2023, nantinya juara Grup F akan bertemu dengan runner up Grup E, begitu pun sebaliknya. Sedangkan peringkat ketiga terbaik dari Grup F akan bertemu juara Grup C.

Itu artinya, Korea selatan U-24 jika jadi juara Grup E akan jadi lawan Timnas Indonesia U-24 jika Garuda Muda jadi runner-up Grup F. Sementara itu, Thailand U-24 atau Bahrain U-24 atau Kuwait U-24 (jika runner up Grup E) bakal jadi musuh Timnas Indonesia U-24 (jika juara Grup F).

Adapun, Uzbekistan U-24 (jika juara Grup C) akan jadi lawan Timnas Indonesia U-24 (jika jadi peringkat tiga terbaik). Terlepas dari itu, Timnas Indonesia U-24 diharapkan jadi juara Grup F agar terhindar dari Korea Selatan U-24 yang notabene kandidat juara Asian Games 2023.

Sumber : Oke Bola