Shin Tae-yong Akhirnya Andalkan Penyerang Ganas Ini di Laga Timnas Indonesia vs Irak sebagai Starter?



SHIN Tae-yong akhirnya mengandalkan penyerang ganas Ramadhan Sananta di laga Timnas Indonesia vs Irak sebagai starter? Banyak pencinta sepakbola Tanah Air yang kepincut kepada performa Ramadhan Sananta di lini depan.

Selain tenang dalam menyelesaikan peluang, Ramadhan Sananta juga dikenal andal saat duel satu lawan satu saat menghadapi pemain lawan. Sayangnya, Ramadhan Sananta belum cukup diandalkan Shin Tae-yong untuk mengisi lini depan Timnas Indonesia.


Ramadhan Sananta

Dari enam caps yang dipegang Ramadhan Sananta bersama Timnas Indonesia, semuanya dimulai dari bangku cadangan, termasuk di dua laga melawan Brunei Darussalam. Meski memulai laga dari bangku cadangan, Ramadhan Sananta menunjukan kelasnya.

Ambil contoh saat Timnas Indonesia bersua Brunei Darussalam. Cuma bermain 32 menit dan 29 menit (dalam dua laga), Ramadhan Sananta mengemas tiga gol!

Kemudian pertanyaan muncul, apa alasan Ramadhan Sananta sering dicadangkan Shin Tae-yong? Secara blak-blakan, Shin Tae-yong mengatakan otot Ramadhan Sananta belum cukup kuat bermain 90 menit.

"Sananta tidak bisa bermain 90 menit karena ototnya (belum kuat). Saya berusaha mengatasi masalah ini. Ia harus berusaha supaya fisiknya dapat main 90 menit,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pascalaga Timnas Indonesia vs Brunei, Kamis 12 Oktober 2023.

Karena itu, pekerjaan rumah Ramadhan Sananta adalah meningkatkan kekuatan ototnya dalam sebulan ke depan. Jika kekuatan fisik Ramadhan Sananta naik signifikan, tak ada alasan Shin Tae-yong mencadangkan penyerang 20 tahun ini.

Ramadhan Sananta

Kehadiran Ramadhan Sananta dalam versi terbaru dibutuhkan Timnas Indonesia. Sebab, lawan Timnas Indonesia di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia masuk kategori berat, yakni Irak, Vietnam dan Filipina.

Sesuai jadwal, Timnas Indonesia akan bertandang ke markas Irak di laga pertama pada Kamis, 16 November 2023. Menarik menanti dampak yang dapat diberikan Ramadhan Sananta kepada Timnas Indonesia di laga tersebut.