Timnas Indonesia Cukur Brunei Darussalam 6-0, Shin Tae-yong Angkat Jempol untuk Ricky Kambuaya



Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, puas dengan performa Ricky Kambuaya pada laga Leg I Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia kontra Timnas Brunei Darussalam. Sebab, kehadiran pemain Dewa United itu mampu menghidupkan permainan skuad Garuda.

Duel Timnas Indonesia vs Timnas Brunei Darussalam leg I digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis 12 Oktober 2023 malam WIB. Skuad Garuda menang telak 6-0 berkat hattrick Dimas Drajad (7’, 72’, dan 90+2), Rizky Ridho (12’), dan brace Ramadhan Sananta (63’p, 67’).

Ricky baru tampil pada babak kedua di laga itu. Ia masuk menggantikan Marc Klok selepas rehat. Kehadiran pemain asal Sorong, Papua, itu kemudian sukses menghidupkan serangan Tim Merah Putih.

Shin sangat senang Ricky mampu menampilkan performa terbaik dalam laga itu. Sebab, kontribusinya punya andil dalam kemenangan Timnas Indonesia, terutama gol yang dicetak Sananta pada menit ke-67.

Erick Thohir Tak Bisa Dampingi Timnas Indonesia Tandang ke Brunei Darussalam, Ini Alasannya!

"Memang Ricky sangat baik. Saya mengucapkan terima kasih kepada Ricky," ucap Shin kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia (MPI) di Jakarta, dikutip pada Jumat (13/10/2023).


"Performanya sangat baik bisa mengubah suasana tim," puji pria asal Korea Selatan itu.


Pada babak pertama, Timnas Indonesia hanya unggul 2-0 atas Brunei Darussalam. Namun, masuknya Ricky dan kemudian Sananta (58') mengubah jalannya pertandingan.

Skuad asuhan Shin bisa menggelontorkan empat gol tambahan dalam kurun 30 menit terakhir. Alhasil, Indonesia menang telak 6-0 atas Brunei Darussalam.

Hasil itu menjadi modal penting menatap leg II yang digelar di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan. Brunei akan menjadi tuan rumah pada Selasa 17 Oktober 2023.

Indonesia kini di ambang lolos ke babak kedua atau fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia berkat skor agregat 6-0. Diundi masuk Grup F, mereka sudah dinanti Irak, Vietnam, dan Filipina.


Sumber: Oke Bola