Asnawi Mangkualam Absen di Laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia



ASNAWI Mangkualam absen di laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Penyebabnya, karena kapten Timnas Indonesia itu terkena akumulasi kartu kuning di dua laga awal babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tepatnya, saat Timnas Indonesia kalah 1-5 dari Irak pada 16 November 2023 lalu dan ditahan imbang Filipina 1-1 pada 21 November 2023 di dua laga tandangnya. Dalam laga itu, Asnawi Mangkualam selalu dimainkan sebagai starter oleh pelatih Shin Tae-yong.

Sayangnya, bek kanan 24 tahun itu mendapatkan dua kartu kuning beruntun, masing-masing saat Timnas Indonesia bersua Irak dan Filipina. Akibatnya, kapten Timnas Indonesia itu diskors dan absen di laga kualifikasi Piala Dunia 2026 berikutnya melawan Vietnam pada 21 Maret 2024 mendatang.

"Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam akan absen pada laga selanjutnya melawan Vietnam di Piala Dunia 2026 pada 21 Maret 2024 karena mendapat 2 kartu kuning setelah 2 laga pertama," tulis laporan ASEAN Football di akun X @theaseanball, dikutip Kamis (23/11/2023).

Absennya Asnawi Mangkualam tentu dinilai menjadi sebuah kerugian besar bagi skuad Timnas Indonesia. Sebab, kontribusi pemain milik Jeonnam Dragons itu sangat dibutuhkan baik saat bertahan maupun menyerang dengan memiliki kecepatan dalam berlari.

Kendati demikian, masih ada Sandy Walsh dan pemain lain yang bisa bersaing memperebutkan posisi yang ditinggalkan Asnawi Mangkualam. Satu hal yang pasti, matchday ketiga Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia kontra Vietnam jadi laga kandang.

Duel Timnas Indonesia vs Vietnam pun dijadwalkan digelar pada 21 Maret 2024 mendatang. Namun, PSSI belum mengumumkan stadion mana yang bakal digunakan untuk pertandingan krusial tersebut.

Yang jelas, kemenangan menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia jika ingin menjaga asa lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Sebab, saat ini Timnas Indonesia berada di posisi paling bawah pada klasemen sementara Grup F dengan satu poin.